Rabu, 24 April 2013

Ujian (yang benar benar) Nasional

Ujian nasional...
Semacam cobaan langganan tiap tahun yah..
Apalagi buat para guru yang deg-degan yang udah sepenuh hetong dan segenap totalitas membimbing murid, entah dalam ilmu maupun mental. Belum lagi guru yang merangkap ortu dimana anaknya saat itu juga UN. Huwow kayak apa ya rasanya... Tanggung jawab sama anak orang & anak sendiri soalnya...
Yang pasti anaknya laris manis menjelang pengumuman kelulusan. Hengpong & telpon rumah nggak ada matinya, "eh...eh...pengumuman udah keluar? Lulus semua kan?" (dari hasil pengamatan dan imajinasi berlebihan :p )
Tiap tahun ada aja yang berubah. Dari kurikulum sampe aturan ujian. Mungkin kalo gue yang jadi guru, udah cakar tembok. Tembok sekolahan udah bermotif semua, wallpaper gretongan cyiiind... Wakakaka... #sesinggakpenting
Salut buat para guru! Pahlawan tanpa tanda jasa, pelita bangsa, orang tua kedua, terpampang nyata, cetar membahana... (Laa, kebablasan... :D )
Kenapa gue bisa lebay gitu? Karena dulu, gue akuin, nggak begitu ngefans sama guru. Tapi, setelah kuliah dan takdir mempersatukan gue sama para guru (ababil :p ) dalam satu kandang, Ya Tuhaaan....sesuatuk! Tantangannya keliatan banget. Mesti sabar juga.
Eh, tapii... gue tetep berjiwa akuntansi kok. Nggak usah cemburu yah... Lo juga nggak kalah menantangnya kok... #ciumpengantarakuntansi #pelukbukuauditing #pukpukmanajemenkeuangan :D

Kembali ke topik utama...
Ujian nasional tahun ini dinilai kacau. Sampe-sampe ada yang bikin ini:

taken by anak manis

Eh, peliss yaa, adek-adek...
Kalo lo dikecewain sama sesuatu, bukan berarti lo boleh ngecewain yang lain juga kan?
Jadinya berantai gitu.
Lo kecewa sama UN. Trus, ngegambar sembarangan di tembok orang gitu?
Lo bikin ini setelah pulang ujian hari pertama?
Kacau di satu aspek kehidupan, bukan berarti semuamuanya ikut lo kacauin.
Soal keliru, soal telat, soal kurang... Kalo bener lo bikin itu di hari pertama, berarti lo yang mempermainkan masa depan lo. Daripada begituan, mending lanjut belajar dong?
Lakuin apa yang jadi kewajiban lo, nggak peduli orang mau ngapain, lo udah jadi yang terbaik buat diri lo sendiri.
Selain itu, buang-buang uang jajan buat sesuatu yang ollooo ituu hih! Nggak kesian ortu? Capek-capek kerja, H2C komat kamit di rumah doain lo biar sukses ujian, anaknya malah menggejeria di tembok orang. Kembalilah ke jalan yang benar, anak muda... (errr, ini author berapi-api sok bikin nasihat, padahal dianya masih belajar bijak dan sering gagal bijak. Auooo... :p ).

Orang tua, media, siswa, (guru ikutan nggak ya? :p) pada nyalahin pemerintah, khususnya pak Menteri. Padahal apa yang sebenernya terjadi bisa jadi nggak seperti yang kita bayangin. Bukan bermaksud membela siapapun yah.
Biasanya di balik kekacauan ada hikmahnya sih. Pelajaran buat memperbaiki sistem, mungkin? Ketelitian? Buat ketabahan, mungkin? Atau ujian buat jadi ksatria, yang dengan berbesar hati mau mengakui dan mempertanggungjawabkan atas kesalahan yang diperbuat? :)

Jadiii, menurut lo gimana?
Ujian nasional itu sebenernya ujian yang bener-bener nasional kan? :)

0 komentar:

Posting Komentar