Selasa, 16 April 2013

Kode, Modus, dan Alibi


Postingan gue kali ini terinspirasi dari buku The Fabulous Udin (TFU). Buku gilllaaak yang datang di saat ultah gue ke 24. :D

Jadiii, langsung aja yah. Di halaman 191 ada kalimat dicetak miring, semiring menara Pisa dan pikiran gue. Wkwkwkwk

Hidup ini panggung sandi … kode, modus, dan alibi.

Dan emang iya!

Seiring bertambah kreatifnya manusia bikin sandi, makin turun nyalinya buat ngomong langsung, makin ruwet masalahnya. Apalagi kalo sandinya pake tulisan Mesir kuno. Kalo udah mati mungkin yang dikode baru nyadar coz dikasitau pengawal Firaun. Ckakakaka.

Tapi, Laaa… kalo nggak ngode dulu, ntar malu, kalo seandainya kenyataan tak seindah ekspektasi.

Misal, missal lho ini… misalll… ingat, ini misalkan… #dikepruk CEPET WOY!

Woles, meeen.. :p

Seandainya ada perang dua kerajaan. Atur strategi wajib lah yaa, biar nggak buang energi. Prajurit udah dilatih, mata-mata dikirim, senjata udah diapdet, udah daftar asuransi jiwa segala, istri-pacar-gebetan udah dipamitin sampe tangis-tangisan sedanau Toba, dan ternyataaa…

Siapa yang mau nyerang duluan masih jadi masalah.

Mentri pertahanan, eh, panglima perang masih kode-kodean tiada akhir.
Kata panglima perang A, “eh, eh… papah kamu tukang besi yah?”
“Kok tauk?” kata panglima perang B, sambil garuk-garuk kepala pake golok.
“Soalnyah, kamu telah menempa semangat akuh. Kamuh cumungudh jugak eaa…” jawab si panglima A.


Iya, mending kalo jawabannya…
“Ih, jijik banget guweh. Najis! Gue masih suka cewek! Pasukaaan, seraaaang…”
Dan perangpun sukses terjadi.


Nah, kalo kayak gini…
“Ih..ih…kamuh perhatian beudh sama akuh…”
Lalu berpelukan…
Dan Raja yang mengetahui hal itu langsung kejang-kejang.
Diikuti seluruh pasukan.


…atau kayak gini…
“eh, yampun kamuh bisa ajah…” jawab si panglima B malu-malu sambil masukin mukanya ke helm perang.
“Bisa dooong.. kan sepik-able.. btw, Ratu kamu janda yah? Boleh dong minta pin merpati pos-nya…”
#heningsampekerajaannyaruntuh


…atau kayak gini nih…
Si panglima B cuma menjawab semua itu dengan, “gorok akuh, beb… gorok akuh…”
#pasangposemenggoda
Si A beserta seluruh redaksi yang bertugas langsung kabur.
Dan kedua kerajaan itu pun berdamai selama-lamanya.


Gimana, kacau? Atau kurang? :D

Coba kalo, panglima A agak tegesan, “Gue pengen perang sama lo! Gue serang duluan ya?”

Panglima B pun menjawab, “yakin? Lo bisa tanggung semua resikonya? Lo nggak tau macem apa kerajaan gue…” #ketawahyena

“Osh!” (eh, apa ini yaa? :p )

“Seraaang…”

Hiyaaat..watta..watta… (adegan perang disensor dan dibuat seunyu mungkin).

Sampai dimana ketika panglima A udah pegang golok di depan leher panglima B.
“Bunuh gue sekarang!”

…tiba-tiba helm si B merosot. Rambut panjangnya pun tergerai, halus dan panjang kayak model shampo. Matahari yang udah nyampe di atas ubun-ubun memantulkan warna lipstick baby pink di bibir si B.
(yang imajinasinya masih blom ketemu dan pusing, harap ngga usah lanjut baca :p )

“Jadiii, selamaa iniiii… loo…” bisik si A sambil melotot tsakeup.

“Gue nyamar jadi bokap guee… puas lo? Bunuh gue se.ka.rang!” kata si B sesenggukan sambil nunjukin KTP. (ini kok jadi Mulannya Disney yak? :D )

“Gue boleh bikin lo bertekuk lutut di depan golok gue… Tapi hati gue udah lo bikin nyerah sama strategi perang lo… sama kecantikan loo…” kata si A sambil nurunin golok pembunuh naga berkepala tiga-nya.
(ouww, sooswiiit… ini author pegangan meja kok, biar ngga pingsan sama tulisan sendiri :D )

Si B pun melotot kalem tak percaya. “Sorry, maksud lo? Gue agak nggak paham.”

“Kita lupakan semua sengketa ini. Kita damai. Errr, maksud gue…. Gimanaaa… kalo kita hidup damai dan bahagia bersama, selamanyaaa?”

“Kyaaaaaa…..” si B pun ogel-ogel pantat di medan perang.



Manaa tepuk tangannnyaaa??? :D
Masalah raja-ratu ngrestuin apa nggak gue bahas di sini ya. Soalnya gue nggak tau weton si A sama si B apaan, letak rumahnya gimana, nglewatin sungai apa nggak, sawahnya ada berapa, di belakang rumah ada kandang kuda apa nggak, tadi malem bersama siapa dan berbuat apaaa~… HEH!
LOL

Menurut gue (gue: ceplas ceplos, tudepoin), selama kode, modus, alibi itu ngeksis, berarti nggak perlu terlalu diperhatikan. Bisa aja maen-maen, cari perhatian juga bisa, cuma becandaan juga boleh. Belom tentu juga kode yang dituju itu buat siapa. Numpang lewat boleh, cari pelampiasan bisa, ngefans doang (jadi antifans seseorang) juga masuuk, … (menurut observasi dan hasil baca-baca).
Oh iya, kode, modus, alibi itu nggak cuma dibatasin buat hal-hal berbau cinta loh. Semuamuanyaa bisa! Minta kenaikan uang jajan bulanan ke nyokap misalnya.

Kalo setiap pernyataan dianggap kode, modus, dan alibi, maka setiap perkataan manusia bisa dijadikan soal ujian.
"Bla...bla...bla..."
Pertanyaan:
1. Apakah yang dimaksud "bla...bla...bla" ?
2. Kepada siapakah "bla...bla...bla" ditujukan?
3. Apakah yang dituju sadar kalo dia "bla...bla...bla" ?
#kemudianujianditiadakan
Ckakakakaka

Eh, pikiran tetep go-internesyenel yak. Jangan go-local. Karena postingan ini bertema umum, murni bukan buat menyinggung pihak-pihak tertentu, ataupun curcol. Murni bercandaan dan imajinasi sesat author!

*\(^o^)/*

0 komentar:

Posting Komentar