Sabtu, 06 Juli 2013

Pikiran Lagi Lompat Jauh

Hai, selamat datang Juli!
..dan selamat membaca tulisan anak manis buat kamu..kamu..dan kamu yang udah nglirik dengan indahnya ke sini.

Kenapa anak manis lama ngga nulis? Ohohoho, maafkan hamba yang akhir-akhir ini rempong jaya yaa. Agak ngga profesional sebagai seorang blogger sih, tapi apa boleh buat, otak isinya agenda..agenda..dan agenda.., imajinasinya kabur sebentar. Heuheu..

Nah, sekalinya balik, si imajinasi ini absurd sekaliii.
Mungkin gara-gara abis liat nikahan sahabat kali yak... plus ndengerin celotehan dua cowok. :D
Whoa, nikahan??? Berarti tema postingan kali inii... *hening seperempat detik*
M E N I K A H.

Kebetulan tadi siang ada urusan, nggasing bareng keluarga. Nglewatin toko kain, jasa pengiriman barang, dan gedung di sebuah kampus. Tiga tempat itu saksi bisu kerempongan setaun lalu, pas aku ngurus nikahan kakak. Ada tuh ceritanya di postingan lalu. Nikah lagi deh temanya di otak. Saat itu, aku membayangkan kalo kerempongan pas nyiapin pesta ngga ada apa-apanya kalo dibandingkan sama kehidupan setelahnya. Kan tanggung jawab suami dan istri diuji segera setelah ijab. Suami dan istri, ya! Bukan suaminya aja. Istri juga punya tanggung jawab. Dan membayangkan itu, bikin aku takut. Takut ngga bisa menjalankan misi dengan baik. *ngek ngok*
(Author ini punya imajinasi yang suka lompat jauh. Saking tanggung jawabnya, kadang ketakutan sendiri. Sampe ada yang pernah ngatain, pikirannya kayak udah jadi mamah-mamah. Huft banget, kan? >_< ).

Sebentar lagi kan masuk Ramadhan. Abis itu Lebaran, yang Insyaallah terjadwal pulkam. Tau dong, apa yang ditanyain keluarga besar. Pasangan. Aku prediksi pernyataan dan pertanyaan paling "kejam" adalah, "Papa dan mamamu udah tua. Cepet cari pacar, trus nikah. Ngga kasian ta kamu? Bla..bla..bla..."
Siap-siap ya para tembok, kamu bakal takpegang kalo aku mouwmet.

Aku sih pengennya njawab, "Nikah itu gampang. Kehidupan setelahnya itu gimanaaa?".
Pernikahan, menurut versiku, adalah membentuk tim yang kompak. Punya tanggung jawab sendiri-sendiri, tapi saling mendukung. Ngga cuma masalah finansial ya, tapi sikap.
Yup, sikap!

Hidup kan kayak bianglala, ada masa-masa di "atas" dan di "bawah". Saat di atas, biasanya kesetiaan yang diuji. Saat di bawah, kebanyakan kesabaran dan tanggung jawabnya yang diuji. Dan bakal banyak tantangan lainnya.

Jadi, dua poin pentingnya adalah pertama, menemukan pasangan hidup alias rekan tim hidupmu yang cocok dimana kalian saling cinta itu penting.
Trus kedua, kalo udah ketemu, ya harus siap lahir batin. Kalo ngurus diri sendiri aja masih ada aja ngga beresnya, kok mau ngurus tim? (ini nyinggung diri sendiri. Aaaa... >_<). Siap dan berani itu ngga bisa dipaksa, harus datang dari diri sendiri. :)

Prosesnya kan panjang tuh. Ngga cuma, "Nikah yuk?" "Ayo!". Sekali seumur hidup loh itu. Penting. Pake banget. Yang cepet-cepet itu ngirim surat kilat khusus. Nikah sama ngirim surat itu beda. Pake jauh. (Kalo ngomong gini ke keluarga yang lebih tua, kira-kira apa yang terjadi ya? :P)

Menikah itu ibadah. Pengabdian penuh totalitas.
Menikah itu pembuktian tanggung jawab. Ngga cuma duduk di pelaminan, dirame-ramein, salaman sama orang, foto-foto.
Menikah itu dilakukan bukan karena merasa sudah semakin tua, umur bukan patokan kedewasaan seseorang. Umur cuma salah satu faktor pendorong harusnya, bukan yang utama. Harus sadar-sesadarsadarnya kalo mengucapkan janji suci itu bukan perkara remeh temeh.
Menikah itu bukan perlombaan, panas-memanasi, tapi urusan dua hati. Dan restu orang tua tentunya.
(Tuh kan, mikirnya juaauuuh... Hoks...)


Sebenarnya aku itu cewek woles kalo masalah nikah. Ngga peduli sudah berapa single yang tersisa di sekitar, atau "ditinggal" berapa orang sahabat buat nikah, aku ngga "panas" buat ikutan. Kalo emang belum saatnya, ya nyantay aja. Betul, tidak? :D

0 komentar:

Posting Komentar