Selasa, 11 Juni 2013

Nggak Aman

Hualoo! Anak manis kembaliiii…. :D

Kali ini temanya soal “ngga aman”. Bukan perkara keamanan lingkungan atau apa ya, tapi perasaan. Yup, perasaan tidak aman. Kebetulan baca artikel soal insecure. Trus, anak manis dapet kritikan juga. Two thumbs up deh buat yang mau ngritik. Semacam kuesioner tanpa harus ditanya soalnya. Gretongan lagi. Wakakaka.

Perasaan tidak aman. Hmm, ada sebab ada akibat. Berarti boleh jadi si perasaan macam itu muncul karena pengalaman ngga enak di masa lalu. Misal, menurut artikel yang author baca, pernah dikhianati pasangan yang lalu, jadinya curiga melulu sama yang sekarang, jadinya overprotective.

Emang yaa, dapet sesuatu yang cetar ollonya di hidup itu ngga enak banget dan membekas. Secara sadar atau ngga, sedikit atau banyak, pengalaman itu pasti membawa pengaruh ke depannya. Trauma.

Contoh:
Punya pengalaman pernah digantungin statusnya bertahun-tahun, istilah kerennya sekarang PHP lah yaa.. Daripada nanti sakit lagi, ketemu yang begitu lagi, sistem seleksi ditingkatkan setara seleksi pegawai perusahaan multinasional. Cuek ditambah sampai setinggi matahari di langit yang biru di hal-hal tertentu, padahal aslinya sensitif. ^^

Punya pengalaman pernah dibully bagai cerita Bawang Merah Bawang Putih, sampai berujung sakit dan harga diri anjlok. Jadinya, memilih membalas segala sesuatu yang berbau penghinaan dengan candaan kasar berkali-kali lipat, biar ngga ada yang berani nyakitin lagi. Memilih untuk sok jadi pelindung bagi orang lain, karena dia tau disakiti itu ngga enak, apalagi kalo ngga ada yang belain. Padahal dia sendiri ngga yakin sama kadar ketabahannya sendiri. :P Dan kadang kasarnya merembet kemana-mana secara ngga sadar. :(

Kadang insecure itu kelihatan remeh temeh buat yang liat. Padahal buat si penderita, itu refleks dan sebenernya ngga nyaman.


Gimana ya, nyembuhinnya?

Kalo menurut contoh trauma di atas sih…
Di no 1 ada positifnya. Apa itu? Lebih cerdas. Anak manis percaya, orang ngga sembarangan hanya pantas buat orang yang serupa. :D
Nah, di no 2 ini yang agak susah. Sampai harus melakukan sesuatu yang agak aneh. Kembali ke TKP pas sepi sambil ngomong, “Tuhan, saya maafkan mereka yang menyakiti saya. Saya relakan masa lalu saya yang menyakitkan itu. Hapuskan sakit hati dan dendam saya. Saya janji saya bakal lebih bahagia demi orang-orang yang saya sayangi dan menyayangi saya. Amin!” Tarik nafas dalam-dalam, terus senyum. :)
Lumayan loh, keangkat sebagian tuh trauma.., meskipun diliatin pake pandangan aneh sama orang yang lewat sih. Huehehehe. Buat ketemu sama para pelaku sih berani aja, tapi sayangnya males buang waktu. Mending gue ngumpul sama mahluk-mahluk unyu dan ramah lingkungan. ^^


Mari mengambil hikmah dari masa lalu yang ngga enak. Kalo nasi udah jadi bubur, mari kita tambahin ayam, biar jadi bubur ayam. Nyumnyuuum. :D
Mengutip dari Abraham Lincoln, “Yang penting bukan berapa kali aku gagal, tapi yang penting berapa kali aku bangkit dari kegagalan.” , jadi mari move on, meskipun itu pelan, yang penting pasti. Termasuk meminimalkan efek negatifnya sih. :P


Jadii, kalian merasa insecure di hal apa? Kenapa? Kadang sharing bisa memperingan masalah. Mungkin diri sendiri, mungkin juga bagi orang lain. Karena diam ngga menumbuhkan pemahaman. :)

0 komentar:

Posting Komentar