Kamis, 29 November 2012

Sensasi Didadar

Yuhuuu...
Di tengah kerinduan yang memuncak akan kegiatan kuliah, kepikiran untuk nulis keadaan pas didadar. Aku udah jadi Sarjana Ekonomi, dan gelar itu nggak akan bisa diraih tanpa adanya pendadaran.
Jurusanku, akuntansi, di Universitas Negeri Malang mewajibkan pendadaran sebagai salah satu syarat kelulusan. Beda sama jurusan lain, kebanyakan penguji di jurusanku bertampang duarius. Ga serius lagi. Dan diusahakan didadar tiga orang sekaligus. Tiga orang! Hitung aja berapa rius yang ada disana! Enamrius! *abaikan :D

Cerita malam sebelom pendadaran ada di sini.

Jadi, pas hari pendadaran itu, aku usahain datang lebih awal. Aku diuji setelah dhuhur. Setengah jam sebelomnya udah standby di kampus. Parkiran agak jauh dari lokasi pendadaran. Buku yang aku bawa banyak. Kayak iya-iya aja sempat baca. Padahal jantung udah mau keluar jalur. Selain itu, karena naik motor ke kampus, jadilah awalnya pake celana, harus ganti dulu ke rok panjang. (FYI, pas pendadaran diwajibkan pake bawahan gelap, atasan putih + almamater, ngga boleh pake kebaya atau bikini).
Sialllnya, sejam sebelomnya, salah satu dosen penguji berhalangan nguji. Omigooood, harus diganti tuh. Dan dosen penggantinya random. Muka udah kayak mau nangis aja pas itu.

Kurang 15 menit.
Aku nunggu dosen penguji di PDB (Pusat Data Bisnis). Alhamdulillah ada temen. Hap-hap yang emang setia nemenin, sama ketambahan si Tewel yang jadi mahluk penghibur. Oh iya, ada Mbak Ratih (yang jagain PDB) yang udah berbaik hati mbolehin aku nitipin barang , yang lebih mirip dagangan buku dan baju, di PDB. :p
Dug dug dug....

Akhirnya tiba saatnya, aku digiring ke ruang eksekusi.
Jantung udah kayak mode getar aja. Rrrrrrr....
Alhamdulillah, dosen penggantiku lebih sabar. Favoritku... dosen pujaan hati dah pokoknya!
Gobloknya, deg-degan ku nggak ilang-ilang. Eh, kalo ilang, berarti jantung berhenti berdetak = mati dong? :p

Singkat kata, beberapa pertanyaan mematikan ada di awal, berdebat sana sini. Tangan udah nggak bisa diem, saling meremas dan berpilin satu sama laen.

Alhamdulillah lagi, dosen yang paling mematikan di situ, dipanggil ke ruang sebelah. Katanya kekurangan penguji. Wuaaaa..., menahan diri nggak ogel-ogel di depan dua penguji lainnya.

Alhamdulillah selanjutnya, dosen pengganti yang suabarrr itu tau-tau dipanggil buat semacam acara makan-makan di ruang dosen. Beliaunya keluar setelah puas nguji. Berarti tinggal satu!

Nah, dramatisnya malah di dosen terakhir. Pertanyaannya ringan, tapi akunya jadi cengeng.
Yang biasanya suka usil, jadi nangis tersedu-sedu. Miapah coba?
Gara-garanya ditanyain pekerjaan orang tua, jadi ingat papa yang lagi sakit di rumah. Demi Tuhan, aku nggak maksud lebay. Papa emang lagi sakit lumayan parah di rumah. Malah diingetin, jebol lah bendungan aer mata.

-adegan nangis-

Dosen sampe tercengang. Aku bilang aja sekalian minta maaf. Papa sakit. Bu kos lama cari masalah, jadi disibukin pindahan daripada belajar. Teraniaya dobel-dobel lah pokoknya.
Begitu akunya slese nangis, malah ditanyain soal Madiun dan sekitarnya. Trus, dia titip salam buat mama papa, sekalian dikasitau aku lulus dengan nilai B. Wuaaa, alhamdulillah. Tuhan Maha Penyayang!

Saking emosinya, aku langsung telpon mama. Ngasi tau kalo pendadaran lulus. Papa udah pulang dari dokter, katanya udah baikan. Aku disuruh jangan mikir. Jangan mikir gimana coba? Mama mentolo takcubit, ih!
Nangis part dua mulai deh. Yang ini nangis plong, bersyukur. Semuanya baik-baik aja.
Lucunya, dua temenku yang nunggu di luar malah ngiranya aku dibantai sama dosen. Mereka ngintip dari pintu. Setelah memastikan ngga ada siapapun di dalam kecuali aku, mereka masuk.
Brak!
"Ada apa? ada apa?" tampang panik mereka unyuuuu banget. Haduh, maafin temenmu ini. Hahahaha
Mereka melongo liat aku telpon-telponan sama mama.
Dosen penguji pertama yang lewat depan kelas bahkan ikut ngintip! Aku nangis ngga karuan soalnya. Untung beliaunya cuma sekilas lihat, trus berlalu tanpa tindakan apapun. :p

Abis telpon, cepet-cepet aku jelasin kalo akunya ngga apa-apa.
Mereka langsung bilang, "Ya ampuuun, kita pikir kamu dibantai sampe nangis."
"Atau kamu ngga dilulusin."
"Nggak kok,rek. Aku lulus. Dapet B!"
Mereka malah heran. Yang ujian lebih dulu malah ngga dikasitau nilainya, malah kayak digantung gitu statusnya. Halah!
Akhirnya, sang putri dan teman-temannya kembali ke PDB dengan menjijing high heels dan tersenyum bahagiaaa.
Muehehehehe.


Nggak ada pesen moral kayak biasanya sih.
Cuma ngingetin aja, doa orang teraniaya itu mujarab. Pake banget!
Jadiii, ya jangan suka menganiaya orang. *plak :D

Rasanya pas itu kayak mau loncat ke hari berikutnya aja sebelom pembantaian, eh, pendadaran. Ternyata rasanya ngangenin. Suka ketawa sendiri kalo ingat ekspresi pas itu. Untung aja kampus sepi, bisa rusak reputasiku kalo ditonton massa. :D
Trims Tuhan, ortu yang setia doain aku sebandel apapun diriku, dosen-dosen yang baek di balik keduariusan, teman-teman yang hadir di kala duka... Kalian hebaaat... :*


Sekian dan terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar